Saya yakin orang Indonesia masih suka sama ini

Apa itu? Itu adalah Tahu , Lauk-Pauk Primer yang masih disukai oleh sebagian masyarakat Indonesia walaupun daging dan ayam sangat merajarela sekarang. Katanya orang tua , dulu banyak orang pintar lahir karena waktu kecilnya masih suka makan tahu dan tempe. Beberapa waktu lalu Lauk Pauk ini menjadi sorotan nasional karena bahan bakunya yakni kedelai harganya melonjak naik dan megakibatkan mahalnya lauk-pauk ini di sejumlah daerah. Btw beberapa waktu lalu saya berkesempatan melihat proses pembuatan tahu dan tempe langsung dari pabriknya yang dikelola Bapak Sumilan di Kelurahan Karanganyar Tarakan. Ini beberapa proses tahapannya.

Kedelai yang masih fresh digiling terus dimasukan kedalam wadah

Hasil dari pengilingan kedelai, jadi adonan yang padat

Setelah itu adonan dimasak di dalam kuali yang besar , kemudian disaring dengan kain agar mengurangi air yang ada untuk proses pemadatan adonan

Sisa dari air yang habis disaring ternyata masih meyisakan banyak adonan, kemudian bisa dicetak lagi menjadi tahu yang bisa dikonsumsi

Thaadaaa… Jadilah adonan tahu yang didinginkan terus siap untuk dipotong

Inilah proses pemotongan adonan tahu lengkap dengan penggarisnya. (demi Kemaslahatan Umat, Mas-mas pemotong tahunya sengaja saya tidak tampilkan)

Si-mas menaruh setiap tahu di dalam wadahnya

Tadaaaa… Tahu pun siap didistribusikan

Menurut pak Sumilan si pemilik pabrik tahu dan tempe, usahanya dirintis sejak era 80-an hingga saat ini, Pak Sumilan tidak hanya memasarkan tahu dan tempe untuk area Tarakan dan Sekitarnya, tapi juga mendistribusikan di daerah utara kalimantan timur. beberapa waktu lalu saat kedelai melaonjak tinggi pak Sumilan Mengeluh dan mau tak mau menaikan harga tahu dan tempe, atau nggak mengurangi potongan tahu dan tempe dari ukuran normal. Saya berharap hal tersebut tidak berlangsung lama dan pak Sumilan tetap membuat Tahu dan tempe untuk anak-anak Indonesia.

Loh Kok tahu ajah.. Bagaimana dengan tempe? Kalo tempe sih pembuatannya nggak seribet Tahu , tinggal masak masukin ke bungkusan dan menunggu proses fermentasi.

Ini proses pembuatan tempe , yang tentu saja tidak seribet tahu.. Hehe

Oke segitu dulu yooo… sebagai orang Indonesia kita hendaknya masih mem-follow Indonesian Food.. Byee..

NB : Makan apa yah malam Ini??

Advertisements

3 thoughts on “Saya yakin orang Indonesia masih suka sama ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s